Selasa, 20 Januari 2009

AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Pengertian perusahaan dagang.
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang usahanya membeli barang dan menjual kembali tanpa merubah bentuk.

Beberapa contoh perusahaan dagang :
1.Retailer adalah pedagang eceran, misalnya : toko kelontong
2.Agen adalah pedagang yang membeli barang dan menjual lagi barang barang tersebut tanpa menaikan harga, karena sudah mendapat rabat dari pemilik barang. Contohnya agen benda – benda pos ( prangko, meterai ) , Agen sepatu ”Bata”.
3.Grosir adalah perusahaan yang membeli dalam jumlah besar dan menjual kembali kepada kepada pedagang – pedagang eceran, contohnya grosir kain membeli dari pabrik kain dan menjual kembali kepada toko – toko kain, atau membeli dari beberapa pedagang kecil dan menjual kembali kepada satu perusahaan besar, contohnya agen tembakau, membeli dari para petani lalu menjaual kepada pabrik rokok.
4.Whole saler adalah pedagang besar.

Yang menjadi pertanyaan adalah penjual gudeg, bubur ayam, bakso apakah termasuk perusahaan dagang ?
jawabnya tidak termasuk usaha dagang, karena mereka membeli bahan mentah lalu diolah menjadi barang jadi untuk dijual, usaha seperti ini disebut perusahaan pabrikan atau manufakture walaupun macamnyanya termasuk perusahaan perorangan.

Selain perusahaan dagang dan pabrikan ada lagi perusahan yang pernah kita pelajari yaitu perusahaan jasa, misalnya usaha jahit, salon, wartel dan lain- lain.

BEBERAPA TRANSAKSI DIPERUSAHAAN DAGANG
1.Membeli barang dagang (tanpa keterangan kredit artinya tunai)
2.Retur pembelian adalah mengembalikan barang yang sudah dibeli kepada penjual (nota kredit) mungkin karena rusak atau tidak sesuai dengan pesanan dll.
3.Beban angkut pembelian / beban transpot pembelian. Kalu kita membeli barang biasanya beban angkut yang menanggung penjual atau pembeli ? jawabnya tergantung perjanjian, kalau yang menanggung penjual disebut free on board desnation point ( F O B Destination point ), kalau yang menanggung pembeli disebut free on board shipping point ( F O B shipping point)
4.Menjual barang dagang.
5.Retur penjualan adalah menerima kembali barang yang sudah dijual (nota debet}
6.Beban angkut penjualan pengertiannya sama dengan nomer 3.

Didalam transaksi perusahaan dagang sering ada syarat jual beli sbb :
2/10, n/60 artinya jual beli ini secara kredit, jika pembeli dapat membayar 10 hari setelah tanggal transaksi maka penjual akan memberi potongan 2% dan pelunasan tidak boleh lebih dari 60 hari.

Contohnya:
Tgl 1 Agustus Robet membeli barang dari Abdulah rp 4.000,- dengan syarat 5/20 , n/30 ini artinya jika Robet mengangsur antara tgl 2 s/d 12 Agustus akan mendapat potongan 10% dari uang yang dibayarkan, waktu pelunasan terakhir tgl 30 September.
Ada pula syarat E O M ( End Of Mont) artinya jual beli secara kredit pelunasannya akhir bulan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar